hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian BCD

pengertian bcd

Pengertian BCD – Pada sebuah sistem komputasi atau rangkaian logika lainnya diperlukan konversi antara bahasa yang dimengerti oleh mesin ke bahasa yang dipahami manusia dan sebaliknya. Salah satu metode yang sering digunakan saat ini yaitu BCD (Binary Coded Decimal.

Nah pada artikel kali ini mimin akan membahas mengenai pengertian BCD (Binary Coded Decimal) secara lengkap. Untuk itu simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian BCD (Binary Coded Decimal)

pengertian bcd

BCD (Binary Coded Decimal) adalah sistem pengkodean biner dari angka desimal dimana setiap digit desimal diwakili oleh sejumlah bit, biasanya terdiri dari 4 bit. Setiap kelompok akan disimpan dalam 1 byte.

Maka dari itu, dalam proses konversi bilangan desimal akan dipisahkan digit per digit kemudian dikonversikan satu per satu ke bilangan biner (4 atau 8 bit).

Oleh karena itu, BCD membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar karena tiap digit desimal menjadi 1 byte biner.

Tetapi proses konversinya juga menjadi kelebihan dari BCD karena setiap bilangan desimal bisa dikonversikan dengan pola 4 bit.

Sehingga BCD dapat menggunakan metode natural (BCD) (NBCD) atau dikenal dengan sebutan “8421” encoding yang merupakan pola pengkodean yang paling mudah dan jelas.

Tabel BCD

Pada NBCD tiap digit desimal diwakili oleh 4 bit yang sesuai, seperti yang ditunjukkan pada tabel dibawah ini:

Decimal digit BCD
8 4 2 1
0 0 0 0 0
1 0 0 0 1
2 0 0 1 0
3 0 0 1 1
4 0 1 0 0
5 0 1 0 1
6 0 1 1 0
7 0 1 1 1
8 1 0 0 0
9 1 0 0 1

Cara Konversi

Kelebihan dari BCD yaitu mudahnya dalam melakukan proses konversi, kalian dapat menggunakan tabel diatas sebagai acuan dalam proses konversi. Untuk mengkonversikannya perhatikan penjelasan dibawah ini.

Cara Konversi Bilangan Desimal ke Kode Bilangan BCD

Dalam proses konversinya, setiap angka dari bilangan desimal dikonversikan satu per satu menjadi 1 kelompok bilangan biner (4 bit) seperti contoh dibawah ini:

Langkah pertama yaitu pisahkan angka desimal sesuai dengan bobotnya lalu tuliskan kode BCD yang ekuivalen untuk mewakili setiap digit desimal yang bersangkutan.

Konversi Bilangan Desimal 48910 ke kode BCD :

4 : 0100
8 : 1000
9 : 1001

Bilangan desimal 48910 yang dikonversikan ke kode BCD yaitu menjadi 0100 1000 1001 atau 010010001001BCD.

Cara Konversi Kode Bilangan BCD menjadi Bilangan Desimal

Untuk bisa mengkonversikan kode bilangan BCD ke bilangan desimal, cukup dengan membagikan bilangan biner ke dalam kelompok 4 bit biner lalu tuliskan angka desimal yang diwakilkan oleh masing-masing kelompok 4 bit tersebut, seperti contoh dibawah ini:

Konversikan kode bilangan BCD 1001 0011 menjadi bilangan desimal :

1001 : 9
0011 : 3

Jadi, kode bilangan BCD 1001 0011 yang dikonversikan menjadi desimal yaitu 9310.

Nilai tertinggi dari suku bilangan desimal yaitu angka 9 yang diwakilkan oleh bilangan biner 1001. Dengan begitu, hanya bilangan biner 4 bit dari 0000 hingga 1001 yang digunakan.

Tabel dibawah ini menunjukkan kode BCD. Masing-masing digit desimal (0 – 9) diwakili oleh bilangan biner ekuivalennya. Karena 1 digit desimal bisa mencapat nilai tertingginya yakni angka 9, maka diperlukan 4 bit untuk pengkodean BCD-nya.

pengertian bcd

Perlu kalian ketahui bahwa setiap digit desimal pasti diberikan 4 bit bilangan biner meskipun bilangan desimal yang diwakilkannya kurang 4 bit bilangan biner, seperti contoh desimal 2 yaitu sama dengan 0010.

Dengan menggunakan cara ini, rangkaian digital yang menggunakan kode BCD selalu menangani 1 kelompok bilangan biner yang terdiri dari 4 bit bilangan biner.

Jika menggunakan kode BCD, perlu kalian ingat bahwa semua angka 0 harus dipertahankan, hal ini berbeda dengan bilangan biner yang bisa menghilangkan angka 0 didepannya.

Kode BCD ini digunakan apabila diperlukannya transfer informasi desimal masuk dan keluar dari rangkaian atau peralatan digital.

Contoh rangkaian atau peralatan digital tersebut diantaranya seperti kalkulator, jam digital, multimeter dan pencacahan frekuensi (frequency counter).

Contoh Aplikasi BCD

Berikut ini merupakan beberapa contoh aplikasi BCD yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya:

1. Rangkaian Elektronik

Seperti yang sudah kita ketahui ada dua jenis rangkaian elektronik, analog dan digital. Pada dasarnya BCD yang digunakan untuk kebutuhan rangkaian digital menggunakan logika dasar dalam bentuk kode-kode biner dalam proses kerjanya.

2. Kondisi High and Low Pada Sinyal Digital

Pada rangkaian digital hanya mengenal kondisi high (1) dan low (0). Voltase yang lebih tinggi akan direpresentasikan sebagai kondisi high sedangkan yang lebih renda akan diterjemahkan sebagai kondisi low.

Kode biner termasuk BCD yang dapat digunakan untuk merepresentasikan kondisi high dan low pada suatu sistem digital.

3. Alpha-Numeric Display, 7 Segmen dan RTC

Penggunaan kode BCD lainnya yaitu digunakan dalam display yang berbasis digital, seperti alpha-numeric, 7 segmen dan RTC.

Kalian bisa melihat angkan-angka atau huruf pada display digital terbagi-bagi menjadi beberapa bagian yang akan menyala saling bergantian.

Pada setiap bagian tersebut terdapat LED yang dioperasikan berdasarkan logic dari bilangan biner, BCD dapat digunakan untuk hal tersebut.

Misalnya pada RTC (Real-Time clock/jam digital) saat ini menampilkan jam 10:37:49 maka BCD-nya yaitu 0001 0000 0011 0111 0100 1001, supaya lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini:

pengertian bcd

4. Timer dan Counter Pada Siemens S7

Beberapa sistem kontrol PLC seperti S7 menggunakan BCD untuk timer dan counter pada struktur datanya.

Hal tersebut karena struktur datanya yang memang mengacu pada cara kerja yang sama dengan display 7 segment.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian BCD, tabel, cara konversi dan contoh aplikasinya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih 😃

hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Uji Hipotesis

hanif
4 min read

Pengertian Desil

hanif
2 min read

Pengertian Skala Likert

hanif
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.