hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian IC

pengertian ic

Pengertian IC – IC (Integrated Circuit) merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada rangkaian elektronik.

IC ini digunakan sebagai penguat dan memliki fungsi sebagai gerbang logika yang mengendalikan sebuah rangkaian. Dengan adanya IC, perangkat elektronik bisa menjadi lebih portable.

IC ini terpasang di perangkat-perangkat pintar seperti laptop, smartphone dan lain sebagainya. Lalu apa sih IC itu? Untuk dapat mengetahuinya, kalian bisa membaca pembahasannya berikut ini.

Pengertian IC (Integrated Circuit)

pengertian ic
irepairswireless.com

IC atau Integrated Circuit adalah komponen elektronika aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuah bahkan jutaan dioda, transistor dan kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Bahan utama yang membentuk sebuah IC (Integrated Circuit) yaitu bahan semikonduktor. Silicon adalah bahan semikonduktor yang paling sering digunakan dalam teknologi fabrikasi IC (Integrated Circuit).

Dalam bahasa Indonesia, IC atau Integrated Circuit ini seringkali diterjemahkan menjadi sirkuit terpadu.

Sejarah IC (Integrated Circuit)

Teknologi IC (Integrated Circuit) atau sirkuit terpadu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958 oleh Jack Kilby yang bekerja untuk Texas Instrument.

Setengah tahun kemudian Robert Noyce berhasil melakukan fabrikasi IC dengan sistem interkoneksi pada sebuah Chip Silikon.

IC (Integrated Circuit) merupakan salah satu perkembangan teknologi yang paling signifikan pada abad ke-20.

Sebelum ditemukannya IC, peralatan elektronik saat ini umumnya memakai tabung vakum sebagai komponen utama yang lalu digantikan oleh transistor yang mempunyai ukuran yang lebih kecil.

Namun, untuk merangkai sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks, memerlukan komponen transistor dalam jumlah yang banyak.

Sehingga ukuran perangkat elektronika yang dihasilkannya pun berukuran besar dan kurang cocok untuk bisa dibawa berpergian.

Teknologi IC ini memungkinkan seorang perancang rangkaian elektronika untuk membuat sebuah peralatan elektronika yang lebih kecil serta lebih ringan dengan harga yang lebih terjangkau.

Konsumsi daya sebuah IC lebih rendang jika dibandingkan dengan transistor. Maka dari itu, IC telah menjadi komponen utama pada hampir semua peralatan elektronika yang kita gunakan saat ini.

Tanpa adanya teknologi IC, mungkin kita saat ini tidak dapat menikmati peralatan elektronika portable seperti MP3, handphone, konsol game portable, laptop, kamera digital, tablet PC dan peralatan elektronik lainnya yang bentuknya kecil dan bisa dibawa kemana-mana.

Gambar dan Simbol IC (Integrated Circuit)

Berikut ini merupakan gambar dan simbol IC (Integrated Circuit) yaitu:

pengertian ic
teknikelektronika.com

Fungsi IC (Integrated Circuit)

Berdasarkan fungsinya IC ini terbagi menjadi tiga yaitu IC linear, IC digital dan IC campuran.

Maka, dengan demikian tentunya IC ini bisa dikatakan mempunyai banyak fungsi sebagai komponen inti dari peralatan elektronik saat ini. Nah berikut ini merupakan fungsinya, yaitu:

1. IC Linear

pengertian ic
unsplash.com

IC linear adalah jenis IC yang hanya bisa beroperasi pada sinyal yang berbentuk gelombang kontinu. IC linear atau bisa juga disebut sebagai Integrated Circuit Analog ini memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Penguat daya (Power Amplifier)
  • Penguat RF dan IF (RF dan IF Amplifier)
  • Penguat sinyal mikro (Microwave Amplifier)
  • Regulator tegangan (Voltage Regulator)
  • Penguat sinyal (Signal Amplifier)
  • Penerima frekuensi radio (Radio Receiver)
  • Penguat operasional (Operational Amplifier / Op-Amp)

2. IC Digital

jam
unsplash.com

IC digita merupakan komponen IC yang paling banyak digunakan untuk peralatan kalkulator, sistem kontrol elektronik dan komputer. Sederhananya, IC digital adalah IC dengan rangkaian switch yang tegangan input dan output-nya hanya mempunyai 2 level yaitu rendah dan tinggi.

Selain itu IC digital berkaitan dengan kode binary yang dilambangkan dengan angka 1 dan 0. IC digital ini memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya:

  • Timer
  • Counter
  • Flip-flop
  • Memory
  • Clock
  • Calculator
  • Multiplexer
  • Microcontroller
  • Microprosessor
  • Gerbang Logika (Logic Gates)

 

3. Mixed IC

Mixed IC adalah jenis IC yang dapat mengkombinasikan fungsi IC analog dan IC digital ke dalam satu kemasan atau rangkaian.

Sederhananya, mixed IC ini berfungsi sebagai komponen yang bisa mengkonversikan sinyal digital menjadi analog (D/A Converter) ataupun sebaliknya (A/D Converter).

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini mixed IC memungkinkan untuk bisa mengintegrasikan sinyal digital dengan fungsi RF didalamnya.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian IC, sejarah, simbol dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih 😀

hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Band Stop Filter

hanif
4 min read

Pengertian Power Amplifier

hanif
7 min read

Pengertian Impedansi Listrik

hanif
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.