hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Microphone

pengertian microphone

Pengertian Microphone – Microphone/mikrofon adalah salah satu komponen elektronika yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Mulai dari telepon, walkie talkie, alat perekam, alat bantu dengar dan masih banyak lagi alat elektronik lainnya yang menggunakan microphone, termasuk mic sendiri yang digunakan oleh penyanyi atau presenter.

Tapi kalian tau gak sih apa itu microphone dan bagaimana cara kerjanya? Nah berikut ini merupakan penjelasannya.

Pengertian Microphone/Mikrofon

microphone
unsplash.com

Microphone atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Mikrofon adalah suatu alat atau komponen elektronika yang bisa mengubah atau mengkonversikan energi akustik (gelombang suara) ke energi listrik (sinyal audio).

Microphone merupakan keluarga Transduser yang fungsinya sebagai komponen atau alat pengubah satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.

Setiap jenis mikrofon mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mengubah (konversi) bentuk energinya, namun mereka semua mempunyai persamaan yakni semua jenis mikrofon mempunyai suatu bagian utama yang disebut dengan Diafragma (Diaphragm).

Sejarah Microphone/Mikrofon

pengertian microphone
zanoor.com

Penemuan awal microphone/mikrofon dimulai dengan hasil konversi milik Sir Charles Wheatston. Karya pertama buatannya tersebut diberi nama microphone frasa yang bisa menghantarkan pada penelitian selanjutnya untuk menemukan terknologi baru.

Pada masa itu, bentuk microphone masih sangat primitif dan belum dapat digunakan secara teknis. Lalu, pada tahun 1827 ilmuwan yang berasal dari US berhasil membuat microphone yang bisa dimanfaatkan sebagai pemancar suara telepon.

Penemuan tersebut tentunya memberikan dampak yang sangat besar dalam dunia elektronik dan komunikasi. Hingga pada akhirnya, pada tahun 1876, Thomas Alfa Edison berhasil membuat microphone praktis pertama yang dapat berdiri sendiri.

Kajian serta penelitian terus dilakukan hingga dapat menghasilkan microphone elektrik dengan tingkat kesensitifan yang tinggi.

Produksi alat tersebut sudah dilakukan dalam jumlah besar-besaran setiap tahunnya dengan harga rendah. Dengan harga tersebut, banyak orang-orang yang bisa menikmati pengeras suara dengan mudah.

Jenis Microphone/Mikrofon

Berdasarkan teknologi atau teknik konversinya dari energi akustik (suara) menjadi energi listrik, microphone dapat dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

  • Dynamic Microphone yakni microphone yang bekerja berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik.
  • Condenser Microphone yakni microphone yang diafragmanya terbuat dari bahan logam serta digantungkan pada pelat logam statis dengan jarak yang sangat dekat, sehingga keduanya terisolasi menyerupai sebuah kapasitor. Condenser Microphone bisadisebut dengan Capacitor Microphone.
  • Electret Microphone yakni microphone jenis Condenser yang memiliki muatan listrik sendiri, sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.
  • Ribbon Microphone yakni microphone yang menggunakan pita tipis serta sensitif yang digantungkan pada medan magnet.
  • Crystal Microphone/Piezoelektris Microphone yakni microphone yang terbuat dari kristal aktif yang bisa menimbulkan tegangan sendiri ketika menangkap getaran, sehingga tidak memerlukan pencatu daya dari luar.

Cara Kerja Microphone/Mikrofon

pengertian microphone
teknikelektronika.com

Untuk mengenal lebih jauh dengan Microphone/Mikrofon yang hampir setiap hari kita gunakan ini. Berikut ini adalah penjelasan cara kerja microphone/Mikrofon, yaitu:

  • Saat kita berbicara, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke microphone.
  • Dalam microphone, gelombang suara tersebut akan menabrak diafragma yang terdiri dari membran plastik yang sangat tipis. Diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya.
  • Sebuah Coil atau kumpulan kawat (Voice-Coil) yang terdapat di bagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma.
  • Sebuah magnet kecil permanen yang dikelilingi oleh Coil atau kumparan tersebut akan menciptakan medan magnet seiring dengan gerakan Coil.
  • Pergerakan Voice Coil di medan magnet ini akan menimbulkan sinyal listrik.
  • Sinyal listrik yang dihasilkan tersebut kemudian mengalir ke amplifier (penguat) atau alat perekam suara.

Simbol Microphone/Mikrofon dalam Rangkaian Elektronika

pengertian microphone
teknikelektronika.com

Fungsi Microphone/Mikrofon

Sebagai alat yang dapat mengubah energi akustik menjadi energi elektronik, pengertian microphone memiliki fungsi sebagai alat untuk mengeraskan bunyi lemah.

Urutan fungsi yaitu dengan menambahkan amplifier supaya suara berintensitas rendah bisa langsung naik lebih keras. Apapun jenis microphone yang digunakan, suara hanya dapat keluar apalagi menembus diafragma.

Dunai pengudaraan seperti penyiaran serta telekomunikasi sangat membutuhkan perangkat yang satu ini demi menunjang kelancaran akses.

Supaya penggunanya bisa maksimal memilih microphone yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dikarenakan, meskipun cara kerja dari masing-masing jenis hampir sama, tetap saja suara yang dihasilkan berbeda-beda.


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian microphone, sejarah, cara kerja, simbol dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih 😀

hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Band Stop Filter

hanif
4 min read

Pengertian Power Amplifier

hanif
7 min read

Pengertian Impedansi Listrik

hanif
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.