hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Modulasi

pengertian modulasi

Pengertian Modulasi – Di zaman seperti sekarang ini, banyak informasi yang berupa informasi digital ataupun analog yang dikomunikasikan menggunakan teknologi nirkabel/wireless yang pada umumnya menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisinya.

Salah satu aspek dasar yang penting dalam sistem komunikasi radio adalah modulasi, yakni cara dimana informasi tersebut ditumpangkan pada gelombang radio yang fungsinya sebagai pembawanya.

Nah untuk itu pada artikel kali ini mimin akan membahas mengenai pengertian modulasi. Untuk itu simak pembahasannya disini.

Pengertian Modulasi

pengertian modulasi

Secara definisi, modulasi bisa diartikan sebagai proses perubahan suatu gelombang periodik sehingga menjadi suatu sinyal yang mampu membawa suatu informasi.

Jadi untuk bisa mengirimkan suatu informasi dari suatu perangkat ke perangkat lainnya yang menggunakan teknologi frekuensi radio.

Informasi tersebut harus dimodulasi terlebih dahulu sebelum dipancarkan. Rangkaian yang fungsinya sebagai modulasi disebut dengan modulator.

Contoh perangkat atau peralatan yang memerlukan rangkaian modulasi diantaranya seperti telepon selular/ponsel, pemancar radio, modem dan pemancar televisi.

Jenis-Jenis Modulasi

Jenis modulasi bisa dikelompokkan berdasarkan sinyal informasi yang akan dikirimnya yakni sinyal analog dan sinyal digital.

Berdasarkan jenis sinyal informasi tersebut, maka modulasi bisa dibagi menjadi 2 jenis yakni modulasi analog dan modulasi digital.

1. Modulasi Analog

pengertian modulasi

Sederhananya, sinyal analog adalah sinyal data yang berbentuk gelombang kontinyu (terus-menerus). Teknik modulasi untuk sinyal informasi analog bisa dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan parameter suatu gelombang sinus.

Setiap jenis modulasi mempunyai kelebihan dan kelemahannya. Berikut ini adalah tiga jenis modulasi analog yang sering digunakan dalam sistem komunikasi radio analog.

Amplitude Modulation (AM)

Amplitude Modulation (AM)/Modulasi amplitudo adalah salah satu teknik modulasi yang proses pemodulasian sinyal frekuensi rendah (sinyal informasi) pada frekuensi tinggi dengan mengubah amplitudo gelombang frekuensi tinggi (frekuensi pembawa) tanpa mengubah frekuensinya.

Jadi pada modulasi amplitudo ini, sinyal pembawanya berubah-ubah secara proporsional terhadap amplitudo sinyal pemodulasi, sedangkan frekuensi tetap selam proses modulasi.

Frequency Modulation (FM)

Pada modulasi frekuensi perubahan merupaan cara agar menyesuaikan persimpangan sinyal informasi.

Pada proses ini, perubahan terjadi pada frekuensi sinyal carrier untuk menyesuaikan perubahan tegangan yang terjadi terhadap sinyal informasi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa metode modulasi ini berkebalikan dengan yang sebelumnya. Frekuensi sinyal pembawa mengalami perubahan, sedangkan amplitude-nya konstan.

Adapun beberapa kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh Frequency Modulation (FM) ini, diantaranya:

Kelebihan :

  • Daya transmisi tidak besar
  • Informasi atau daya yang dibawa tidak mudah terganggu

Kekurangan :

  • Memerlukan bandwith yang lebar
  • Rangkaian dan maintenance tidak semudah AM

Modulasi FM ini terdiri dari dua teknik, yakni Narrowband FM yang mempunyai bandwith <20kHz.

Teknik yang kedua yaitu Wideband, yang sesuai dengan namanya, mempunyai badan width lebih luas, yakni 150kHz.

 Phase Modulation (PM)

Salah satu metode modulasi yang menggunakan sinyal analog ini mengubah fase gelombang pembawa untuk menyesuaikan dengan sinyal data.

Jadi dalam phase modulasi, amplitude dan frekuensi sinyal karier mempunyai sifat konstan, artinya keduanya tidak akan berubah. Tetapi yang berubah hanyalah fasa-nya.

Pada saat ini sinyal informasi mengalami perubahan besar, yaitu dari positif ke negatif, gelombang ini mengalami perubahan modulasi phase.

2. Modulasi Digital

pengertian modulasi

Sinyal digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa dan hanya mempunyai dua kondisi yakni 0 (ON) dan 1 (OFF).

Sinyal digital ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu tidak mudah terpengaruh oleh derau, proses informasinya cepat, mudah dan akurat.

Sama seperti sinyal analog, untuk mengirimkan sinyal digital ini dari suatu perangkat elektronik ke perangkat elektronik lainnya dengan menggunakan teknologi nirkabel/wireless (Radio Frekuensi) juga diperlukan proses pemodulasian yang dinamakan dengan modulasi digital.

Modulasi digital adalah proses penumpangan sinyal digital ke dalam sinyal pembawanya (Carrier Signal).

Sederhananya, modulasi digital adalah proses pemodifikasian sifat dan karakteristik gelombang pembawa, sehingga bentuk hasil gelombang pembawanya mempunyai ciri-ciri bit (0 atau 1).

Nah berikut ini merupakan modulasi digital yang dapat dibagi menjadi tiga jenis, diantaranya :

Amplitude Shift Keying (ASK)

Amplitude Shift Keying (ASK) adalah salah satu bentuk modulasi yang gelombang pembawanya dimodulasi berdasarkan amplitudo sinyal informasi digitalnya.

Dalam sistem modulasi ASK, simbol biner 1 direpresentasikan dengan suatu ketinggian amplitudo tertentu pada gelombang pembawanya.

Jika sinyalnya berupa 1, maka sinyal pembawa tersebut akan dikirimkan. Jika tidak, maka sinyal 0 yang akan dikirimkan. Dengan kata lain, munculnya frekuensi gelombang pembawa tergantung pada ada atau tidaknya sinyal digital.

Frequency Shift Keying (FSK)

Metode ini bergantung pada adanya pergeseran frekuensi. Dengan adanya FSK, pemodulasiannya bisa menggeser frekuensi keluaran dari gelombang pembawanya.

Jadi, gelombang pembawa mempunyai frekuensi yang tidak tetap, sesuai dengan tersedia atau tidaknya sinyal data informasi.

Metode ini cukup populer, sehingga banyak yang menggunakannya. Keuntungan dari modulasi ini adalah demodulasi (mengubah kembali dari sinyal ke data awal) menjadi lebih mudah dengan tingkat error lebih minim.

Phase Shift Keying (PSK)

Pada metode ini terjadi perubahan fase gelombang carrier supaya bisa melakukan penyeusaian terhadap perubahan gelombang informasi digital.

Dalam operasionalnya, membutuhkan adanya perangkat penerima yang stabil untuk mendapatkan transmisi gelombang informasi secara optimal.

Fungsi Modulasi

Sinyal informasi biasanya mempunyai spektrum yang renda dan rentan untuk terganggu oleh noise.

Sedangkan pada transmisi dibutuhkan sinyal yang mempunyai spektrum tinggi dan dibutuhkan modulasi untuk memindahkan posisi spektrum dari sinyal data.

Dari pita spektrum yang rendah ke spektrum yang jauh lebih tinggi. Hal ini dilakukan pada transmisi data tanpa kabel (dengan antena), dengan membesarnya data frekuensi yang dikirim, maka dimensi antena yang digunakan akan mengecil.

Tujuan Modulasi

Nah berikut ini beberapa tujuan dari modulasi yang dapat anda ketahui, diantaranya:

  • Menekan derau atau interferensi.
  • Masalah perangkat keras menjadi lebih mudah.
  • Untuk memudahkan pengaturan alokasi frekuensi radio.
  • Transmisi menjadi efisien atau memudahkan pemancaran.
  • Untuk multiplexing, proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk disalurkan secara bersama-sama melalui satu kanal transimis.

Manfaat Modulasi

Berikut ini merupaka beberapa manfaat dari modulasi, diantaranya:

  • Mengurangi noise dan interferensi.
  • Mengatasi pembatasan untuk kerja peralatan yang antara lain ditentukan oleh bandwidth.
  • Memudahkan radiasi, dengan modulasi maka frekuensi rendah mempunyai informasi ditinggikan frekuensinya oleh carrier sesuai dengan frekuensi carrier yang tinggi, sehingga diperoleh gelombang dengan panjang gelombang pendek.
  • Untuk multiplexing, apablia sebuah media transmisi bisa digunakan oleh beberapa kanal, maka modulasi bisa digunakan untuk menempatkan masing-masing kanal pada wilayah spektrum frekuensi yang berbeda.
  • Memberikan selektivitas guna memilih frekuensi, dan memungkinkan beberapa stasiun radio dan televisi untuk melakukan siaran secara bersamaan menggunakan frekuensi sinyal pembawa yang berbeda, sehingga tidak akan terjadi interferensi antar stasiun.

Syarat Modulasi

Adapun beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk melakukan modulasi diantaranya:

  • Frekuensi sinyal carrier harus lebih besar dari frekuensi sinya informasi.
  • Terdapat suatu sinyal informasi, sinyal informasi merupakan suatu sinyal yang akan dikirimkan.
  • Harus adanya sinyal carrier, sinyal carrier atau sinyal pembawa merupakan suatu sinyal yang akan membawa sinayl informasi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian modulasi, fungsi, tujuan, manfaat dan jenis-jenisnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih 😃

hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Uji Hipotesis

hanif
4 min read

Pengertian Desil

hanif
2 min read

Pengertian Skala Likert

hanif
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.