hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Proximity Sensor

pengertian proximity sensor

Pengertian Proximity Sensor – Setiap sensor mempunyai karakteristik dan kegunaannya masing-masing.

Sensor sendiri umumnya berguna untuk mengetahui perubahan fisik suatu benda atau tekanan tertentu.

Dalam definisinya, sensor merupakan perangkat yang fungsinya untuk mengetahui perubahan suhu, fenomena dan kecepatan yang berada di lingkungan sekitarnya.

Pengertian Proximity Sensor

proximity sensor

Proximity sensor (sensor proksimitas) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan sensor jarak adalah sensor elektronik yang dapat mendeteksi keberadaan objek di sekitarnya tanpa adanya sentuhan fisik.

Bisa juga dikatakan bahwa proximity sensor adalah perangkat yang bisa mengubah informasi tentang gerakan atau keberadaan objek menjadi sinyal listrik.

Proximity sensor tidak menggunakan bagian-bagian yang bergerak atau bagian mekanik untuk mendeteksi keberadaan objek disekitarnya.

Melainkan menggunakan medan elektromagnet atau sinar radiasi elektromagnetik untuk dapat mengetahui apakah ada objek tertentu disekitarnya.

Jarak maksimum yang bisa dideteksi oleh sensor ini disebut dengan nominal range (kisaran nominal). Beberapa proximity sensor juga dilengkapi fitur pengaturan nominal range dan pelaporan jarak objek yang dideteksi.

Proximity sensor (sensor jarak) adalah perangkat yang sangat berguna apabila digunakan di tempat yang berbahaya.

Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi, proximity sensor ini sudah banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Bahkan, sensor jarak ini sudah diaplikasikan pada hampir semua jenis ponsel pintar (smartphone) di zaman ini.

Proximity sensor umumnya digunakan untuk mendeteksi keberadaan, posisi, kedekatan dan penghitungan pada mesin otomatis dan sistem manufaktur.

Mesin-mesin yang menggunakan proximity sensor diantaranya yaitu mesin produksi, mesin kemasan, mesin percetakan, mesin pengerjaan logam, mesin pengolahan makanan dan masih banyak lagi.

Jenis-Jenis Proximity Sensor

Proximity sensor bisa diklasifikasikan menjadi 4 jenis, diantaranya:

1. Inductive Proximity Sensor (Sensor Jarak Induktif)

pengertian proximity sensor

Sensor ini digunakan untuk melacak atau mendeteksi logam yang berjenis ferrous ataupun non-ferrous.

Selain itu, inductive proximity sensor (sensor jarak induktif) juga dapat digunakan untuk mencari keberadaan benda yang didalamnya terdapat logam atau tidak.

2. Capacitive Proximity Sensor (Sensor Jarak Kapasitif)

pengertian proximity sensor

Sensor ini bisa digunakan untuk mendeteksi komposisi, gerakan dan tingkat cairan tekanan yang biasanya terdapat pada bahan makanan.

Sensor ini juga bisa berfungsi untuk menangani bahan-bahan dielektrik rendah, seperti kaca atau plastik.

3. Ultrasonic Proximity Sensor (Sensor Jarak Ultrasonik)

pengertian proximity sensor

Ultrasonic proximity sensor atau sensor jarak ultrasonik inin mempunyai prinsip yang sama seperti radar.

Menghasilkan gelombang frekuensi untuk menganalisa gema yang nantinya diterima, lalu terpantul dari objek yang mendekati

4. Photoelectric Proximity Sensor (Sensor Jarak Fotolistrik)

pengertian proximity sensor

Photoelectric proximity sensor atau sensor jarak fotolistrik  adalah sensor jarak yang menggunakan elemen pada cahaya untuk mendeteksi objek.

Photoelectric proximity sensor terdiri dari sumber cahaya atau disebut dengan emitor dan penerima (receiver).

Adapun 3 jenis sensor jarak fotolistrik, diantaranya:

  • Thru Beam – Emitor dan Receiver ditempatkan secara terpisah, mendeteksi suatu obyek ketika obyek tersebut mengganggu berkas cahaya antara pemancar dan penerima.
  • Direct Reflection – Emitor dan Receiver yang ditempatkan bersama, menggunakan cahaya yang dipantulkan langsung dari obyek untuk dideteksi.
  • Refleksi dengan Reflektor – Emitor dan Receiver yang disimpan bersama dan membutuhkan reflektor, sebuah obyek dideteksi ketika obyek tersebut mengganggu berkas cahaya antara sensor dan reflektor.

Cara Kerja Proximity Sensor

Umumnya cara kerja sensor itu semua sama, sensor ini bekerja berdasarkan jarak objek yang mendekati.

Jika ada suatu objek logam ataupun non-logam yang akan mendekati sensor dengan jarak yang begitu dekat, maka sensor tersebut akan mendeteksi objek dan menangkap sinyal yang melewati sensor.

Fungsi Proximity Sensor pada Smartphone

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, fungsi dari proximity sensor yaitu untuk mengukur atau mendeteksi jarak, keberadaan atau posisi pada sebuah benda atau objek.

Adapun fungsi proximity sensor pada smartphone seperti ketika kita menerima atau melakukan panggilan lalu mendekatkannya ke telinga, maka secara otomatis memberikan sinyal untuk mematikan fungsi layar.

Setelah selasai dan kita menjauhkannya dari telinga atau anggota tubuh lainnya, maka secara otomatis layar akan kembali menyala.

Letak proximity sensor pada smartphone biasanya berada diatas/kepada ponsel (kebanyakan disebelah kamera depan)


Demikianlah penjelasan mengenai pengertian proximity sensor, cara kerja, fungsi proximity pada smartphone dan jenis-jenisnya. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Sekian sampai jumpa, terimakasih 😃

hanif Seorang perantau yang ingin sukses dengan belajar SEO

Pengertian Uji Hipotesis

hanif
4 min read

Pengertian Desil

hanif
2 min read

Pengertian Skala Likert

hanif
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.